Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) dan Hari HIV/AIDS Sedunia


…..Banyak cara yang bisa kita lakukan agar generasi kita terhindar dari bahaya penyalahgunaan NARKOBA dan bahaya dari pergaulan yang mengarah ke Sex Bebas. Memperkuat iman/rohani dengan memperdalam pengetahuan agama sangat lah penting, tidak lupa juga mengarahkan hoby ke dalam kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat. Penggunaan KONDOM bukanlah jaminan terhindar dari virus mematikan ini. Kita juga harusnya pintar-pintar dalam mengatur gaya hidup kita dan berhati-hati dalam bergaul. Janganlah juga kita mendiskriminasi orang-orang yang telah tertular virus HIV/AIDS yang sangat mematikan ini. Sebagai penderitapun punya hak yang sama untuk hidup bersama berdampingan membangun dunia yang lebih baik.

…..Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) dan Hari HIV / AIDS Sedunia yang jatuh pada tahun 2009 ini, di Samarinda memperingatinya dengan berbagai event diantaranya ada Pameran sepeda Low rider, Fun Bike / Sepeda Santai, Jalan Sehat, Lomba untuk pelajar : Festival band, Basket 3 on 3, Lomba untuk kalangan umum : Modern dance. Berlangsung dari hari Jum’at siang s/d Minggu siang. Dari tgl. 20 s/d 22 November 2009. Event meriah ini berpusat di Lapangan Pemuda, Bhyangkara, Samarinda, Kalimantan Timur. Acara ini garapan dari BNK (Badan Narkotika Kota), harian koran SAPOS (Samarinda Pos), KONI, KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Samarinda.

…..Event ini terkesan dadakan tapi tidak mengurangi niat untuk tetap menyelenggarakannya. Info adanya acaranya kami dapat kepastiannya pada hari selasa, tgl. 17 November 2009 dari teman si Arie. Akhirnya hari Rabu, Tgl. 18 November 2009, Beberapa kawan-kawan Low Rider (Mad Lori, Rudy Grafity) mengadakan Loby diantaranya dengan teman kami si Arie yang bertugas di EO Vocus Production yang telah memberikan kesempatan kepada kawan-kawan low rider di Samarinda untuk bisa tampil di acara ini dengan membantu memberikan stand gratis untuk memajang sepeda-sepeda low rider ini dan memerkannya dalam beberapa hari. Dan kita dibantu juga dihubungkan kepada Bapak-bapak pejabat di Kantor BNK, seperti yang masih menjabat juga sebagai Wakil Walikota (Wawali) Bpk. Syaharie Jaang dan Bapak Dayat. Di Kantor BNK dan KPA juga kita dipernalkan dengan Bpk. Achmad Shahap Manajer EO Samarinda Pos yang telah mengekspose komunitas sepeda yang akan terlibat dalam kegiatan ini. Kami berterima kasih telah dibantu dipublikasikannya nama Komunitas sepeda yang telah siap untuk ikut serta Fun Bike seperti “Samarinda Low Rider Community” dan “Bubuhan Onthel Mahakam” di Koran Sapos terbitan Hari kamis, Sabtu dan Minggu.

…..Dari hari Kamis, tgl. 19 November 2009 telah dibuka pendaftaran untuk Fun Bike. Biaya Pendaftaran cuma sebesar Rp. 5.000,-, Peserta yang mendaftar mendapatkan Kupon undian doorprize, 1 eksemplar Koran Sapos yang akan diberikan ketika setelah Fun Bike berakhir pada hari H, serta Kupon Undian untuk jalan sehat yang akan berlangsung pada hari minggu paginya Tgl. 22 November 2009. Tempat pendaftaran Fun Bike dan pengambilan Kupon undian Doorprize untuk jalan sehat, bisa datang langsung ke Kantor Sapos (Samarinda Pos), Jl. Untung Suropati, Kompleks Mahakam Square, Sungai Kunjang, Samarinda. Di Kantor BNK Samarinda, Jl. Gunung Arjuna. Di toko sepeda Mitra, Jl. Pulau. Kalimantan, pada jam kerja.

…..Kawan-kawan Samarinda Low Rider Community bersepakat untuk memasukkan sepeda-sepeda yang akan dipajang pada hari Jum’at, Tgl. 20 November 2009, rencana siang hari setelah sholat Jum’at, tapi karena sesuatu hal akhirnya sore hari baru bisa dipajang di stand yang telah disediakan. Hari Jum’at ini sudah dimulai pertandingan basket 3 on 3 untuk kalangan pelajar, perkiraan kami acara sampai malam hari pada hari tersebut ternyata hanya sampai sore hari dan alat-alat band berikut sound system juga belum terpasang 100 %, apalagi listrik untuk penerangan area acara. Jadi apa boleh buat malam sabtu ini area gelap tanpa ada lampu penerangan. Dengan terpaksa kawan-kawan tidak jadi mendekor stand dan untung saja malam ini ada yang bertugas untuk menjaga sepeda sampai esok hari, kawan dari distro Traffic Lights membantu dengan menyumbang dana untuk yang jaga malam sebesar Rp. 100.000,-, dan Rp. 50.000,- yang rencana dipakai untuk dana dekor ala kadarnya tapi akhirnya tidak jadi juga. Kawan dari Outsider Cendana 2 orang bersedia menjagain sepeda kawan-kawan, terima kasih banyak untuk kalian semua.

…..Sabtu pagi yang cerah, tgl. 21 November 2009 tiba lah saatnya jadwal untuk Fun Bike (Sepeda Santai). Peserta fun bike sudah mulai berkumpul dari jam 6.30. Tapi jumlah yang hadir tidak sebanyak seperti acara-acara Fun Bike pada hari Minggu. Hari Sabtu ini masih banyak orang yang beraktifitas kerja dan sekolah. Diperkirakan Pesertanya tidak sampai ratusan orang, sedikit sekali. Jenis sepeda apa saja boleh ikutan Fun bike dan komunitas sepeda yang hadir seperti : “Samarinda Low Rider Community” (SLRC), Bubuhan Onthel Mahakam (BOM), BMX Bandits Samarinda, Bike To Work, Komunitas sepeda MTB dan Sepeda Lipat. Setelah massa terkumpul semua kami siap-siap untuk Start dan dimulai kurang lebih jam 7.20 an, dilepas langsung oleh Wakil Walikota (Wawali) Bpk. Syaharie Jaang, yang juga sebagai ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Samarinda. Rutenya : Start dari Lapangan Pemuda, kemudian belok ke Jl. Awang Long – Jl. Gajah Mada – Jl. RE. Martadinata – Jl. Antasari – Jl. Juanda – Jl. Pembangunan – Jl. Dr. Soetomo – Jl. Pahlawan – Jl. Bhayangkara – dan Finish di Lapangan Pemuda lagi. Setelah itu kami mengambil Koran Sapos terbitan hari Sabtu ini yang dibagikan bagi yang telah membeli kupon dan tibalah saatnya untuk mengundian doorprize. Banyak juga peserta fun bike yang mendapatkan hadiah menarik dari pegundian tersebut, dan berakhir kurang lebih jam 10 an. Pagi ini kita juga dihibur oleh penampilan band-band yang manggung dan ada juga kawan-kawan dari BMX Freestyle menunjukkan atraksi flat land di lapangan basket.

…..Pada hari Sabtu ini juga dimulainya beberapa lomba seperti : Lomba Modern dance untuk kalangan umum, lomba untuk kalangan pelajar basket 3 on 3 dan festival band. Event ini bagus juga untuk menarik massa yang datang dan malam hari puncaknya karena bertepatan dengan malam minggu. Disamping itu juga dari BNK dan KPA mengadakan pemutaran film tentang bahaya NARKOBA dan AIDS sebagai kampanye juga ke masyarakat. Stand low rider kawan-kawan juga banyak di datangi pengunjung, banyak juga yang bertanya tentang sepeda-sepeda low rider atau pun tentang komunitasnya. Tapi sayang pengunjung tidak diberi kesempatan untuk mencoba sepeda-sepeda ceper nan unik ini karena area lapangan ini hamparan tanah, dikhawatirkan sepeda akan kotor terutama ban-bannya. Seandainya aspal atau semen, kita persilahkan saja. Dan berakhir sampai malam hari kurang lebih jam 10 malam dan ditutup oleh penampilan band SPG yang personilnya dari kawan-kawan low rider dan outsider, mengcover lagu-lagunya Superman Is Dead (SID).

….Setelah itu semua beranjak meninggal kan area Lapangan Pemuda, teman-teman Low rider yang semula banyak pada akhirnya banyak yang pulang dan hujan lebat pun turun. Yang tersisa di stand ini pun tinggal beberapa orang kawan yang terjebak hujan. Beberapa lama menunggu hujan pun berangsur-angsur menjadi gerimis. Kami siap-siap menutupi sepeda dengan terpal biru dan mengikatnya dengan tali rafia ke sekeliling sepeda. Karena kami bersiap untuk meningalkan area ini. Kami bingung semua tidak ada yang mau sukarela menjagakan sepeda-sepeda ini, bayangkan dari siang setelah fun bike kami mencari kawan-kawan yang mau sukarela membantu untuk jaga malam nungguin stand sepeda low rider tapi tidak berhasil mendapatkan. Padahal kalau dipikir besok itu hari minggu, semua orang banyak yang libur dari semua aktivitas rutin seperti kerja dan sekolah. Saya sendiri yang akhirnya harus rela menjagakan sepeda kawan-kawan sampai jam 5 pagi karena di lapangan Pemuda ini sama sekali tidak ada orang kecuali yang menjaga sound system, apalagi bagian keamanan sama sekali tidak ada. Bisa dibayangkan ketika semua orang tidak ada, bisa hilang sepeda kawan-kawan apalagi kondisinya pada saat itu hujan, jalanan sepi, lapangan menjadi becek karena tanah. Padahal rencananya besok pagi (hari Minggu) saya harus meninggalkan Samarinda untuk pergi ke Balikpapan dalam urusan mengantar Bude mau pulang kembali ke Jawa setelah lama telah membantu mengasuh anak saya selama sebulan. Jelas koordinasi yang kurang matang. Juga rasa tanggung jawab yang kurang. Nanti ke depannya akan kita coba perbaiki, agar kejadian seperti ini tak akan terlulang kembali. Maaf tulisannya mengarah ke curhat.

…..Minggu pagi, tgl. 22 November 2009 adalah jadwal berikutnya yaitu kegiatan jalan sehat, menurut rencana startnya jam 7 pagi. Sehabis hujan semalaman sudah tentu jalanan belum lah kering masih basah dan banyak air menggenang di beberapa tempat. Lapangan Pemuda tempat starnya jalan sehat masih becek. Saya tidak melihat secara langsung jalannya acara minggu pagi itu karena saya lelah dan tidur di rumah untuk ke Balikpapannya rencana pagi tertunda siang hari baru bisa berangkat dan tidak jadi naik mobil pribadi karena sudah pasti saya akan mengantuk dalam perjalanan, akhirnya saya memutuskan untuk naik bus saja dan bisa tidur di kursi penumpang sepuasnya menlanjutkan tidurku.

……Acara hari minggu ini berbagai Lomba juga terus berlangsung melanjutkan yang kemarin. Stand sepeda kawan-kawan juga dibuka kembali, tapi sangat disayangkan lapangan masih becek dan tentu saja stand kita juga becek, kasian sepeda kawan-kawan penampilannya jadi berkurang. Acara berakhir siang hari sekitar jam 2 siang menurut informasi kawan-kawan.

…………

……….

……….

……….

……….

………

……….

……….

……….

………

…….

………..

………..

……….

………..

………..

……….

……….

…………

…………

……….

……….

………

………

………….

……….

………

………

………..

………….

………..

……….

……….

……….

………..

…………

…………

……….

……….

………..

……….

………..

…………

………..

………

………..

……….

…………

……….

………..

………..

………

……….

………..

……….

………..

………

………

………

………

……..

……..

……….

………..

………

…………

………

………..

……….

………

………

………..

………

………..

……….

………

………..

……….

………..

…………

………

……..

…………

……….

……….

………..

………..

……….

…………

………….

……….

………..

………….

……..

………

…………

……….

………

……..

……..
……….

……….

………….

………..

……….


3 Tanggapan to “Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) dan Hari HIV/AIDS Sedunia”

  1. mantap eventnya, tahun depan mudahan ada lagi

  2. [...] Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) dan Hari HIV/AIDS Sedunia [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: