Didatangkan dari Pulau Jawa, Harganya Mencapai Puluhan Juta Sepeda Low Rider yang Mulai Menjamur di Samarinda


Senin, 8 September 2008

SAMARINDA. Ada banyak komunitas sepeda di Samarinda. Ada yang memilih Mountain Trail Bike (MTB), BMX atau sepeda ontel. Tetapi kalau sepeda low rider? Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum pernah mendengar atau melihat sepeda jenis yang satu ini.

Penggemar sepada dengan bentuk unik ini dapat dijumpai di halaman parkir GOR Segiri saban sore hari. Biasanya beberapa anak muda berkumpul sembari mengelilingi halaman parkir dengan sepeda yang bentuknya mirip motor Harley Davidson beraliran chopper ini.

Menurut Gentur Wibisono, salah seorang pehobi sepeda low rider, sepeda dengan ciri khas memiliki banyak ruji itu berasal dari Amerika Serikat. Sepeda low rider pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960an. Sepeda ini pertama kali di perkenalkan The “custom” King, George Barris, sebelum menemukan sepeda low rider, George Barris pekerjaannya menceperkan mobil. Beberapa varian sepeda low rider diantaranya classic, chopper, beach bike dan extreme.

Gentur Wibisono (Pejabat BI)

Gentur Wibisono (Pejabat BI)

“Kalau di Samarinda sejak setahun lalu sudah mulai masuk,” ujar Gentur mengisahkan asal mula sepeda unik tersebut masuk ke Kota Tepian.

Harga sepeda low rider ternyata tidak murah. Untuk yang paling murah, dibandrol Rp1,8 juta. Besarnya harga tergantung dari jenis dan merek sepeda. Gentur mencontohkan, limo long beach miliknya dibeli seharga Rp3,2 juta. Bahkan, katanya, harganya ada yang mencapai puluhan juta. Itu pun harus dibeli di Pulau Jawa. Sepeda low rider cukup banyak di Jakarta, Bandung, Surabaya atau Bali. “Kalau di Kaltim yang memasok baru di Balikpapan. Kalau di Samarinda belum ada,” ujar pria yang sudah memiliki 4 jenis sepeda low rider ini.

Di Samarinda, lanjut Gentur, jumlah sepeda low rider masih belum terlalu banyak, baru sekitar 15 unit. Meski demikian, niat untuk membentuk komunitas pehobi sepeda low rider sangat tinggi. Gentur memiliki cita-cita, di Samarinda ada sebuah komunitas khusus sepeda. Komunitas itu kemudian membawahi pehobi sepeda dari berbagai jenis, seperti ontel, BMX dan MTB.

Sore hari di Gor Segiri Samarinda

Sore hari di Gor Segiri Samarinda

“Kita ingin tidak ada eksklusifitas di sepeda, semuanya sama,” ungkap pria yang sehari-harinya naik sepeda jika ke kantor ini. (nin)

~ oleh samarindalowridercommunity pada 23 Januari 2009.

18 Tanggapan to “Didatangkan dari Pulau Jawa, Harganya Mencapai Puluhan Juta Sepeda Low Rider yang Mulai Menjamur di Samarinda”

  1. hi bro..pkbrni buat anak2 low SLRC cmua lam knlh from DAVID ALRM (AREX LOWRIDER MALANG)

    • KAWAN-KAWAN SEPEDA LOW RIDER DI SAMARINDA (SAMARINDA LOW RIDER COMMUNITY) MENGUCAPKAN :

      SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1430 H

      MINAL ‘ADIN WAL FAIZIN

      MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

      Kepada seluruh kawan-kawan pengunjung Blog ini, Penggemar sepeda-sepeda low rider / penggemar sepeda-sepeda modifikasi, komunitas-komunitas sepeda Low Rider dimanapun berada dan komunitas-komunitas sepeda lainnnya. Semoga persahabatan kita tidak pernah putus.

  2. mantabbbbbb….
    semoga makin banyak anggota komunitas lowrider samarinda

    salam low and slow dari surabaya🙂

    • terima kasih atas dukungannya. salam slow and low dari samarinda kota banjir. surabaya nongkronnya dimana bro ?

  3. Teman2, saya ingin menawarkan sebuah lowrider merk raleigh pakai mesin teman saya bilang itu namanya raleigh chooper.lihat gambar di blog saya :
    http://jualsepedansperpakonthel.blogspot.com/

    blog club saya: Koump3ni.blogspot.com

    no hp : 081266072928

    • thanks atas infonya, salam kenal dari saya mad lori (Samarinda low rider community). saya selain main di low rider juga maen di onthel. ok nanti saya link situs onthelnya.

    • KAWAN-KAWAN SEPEDA LOW RIDER DI SAMARINDA (SAMARINDA LOW RIDER COMMUNITY) MENGUCAPKAN :

      SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1430 H

      MINAL ‘ADIN WAL FAIZIN

      MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

      Kepada seluruh kawan-kawan pengunjung Blog ini, Penggemar sepeda-sepeda low rider / penggemar sepeda-sepeda modifikasi, komunitas-komunitas sepeda Low Rider dimanapun berada dan komunitas-komunitas sepeda lainnnya. Semoga persahabatan kita tidak pernah putus. Amien….

  4. kalou mau gabung, boleh gak tuh,.,.?

    • boleh lah, udah punya sepeda kah ?, kalou udah punya langsung aja gabung. hari ini sabtu, tgl 17 okt 2009 ada acara di unmul di gor 27. Kawan-kawan low rider lagi pajang sepeda di stand gratis yang telah disediakan panitia fekon unmul. Biasa kalo hari minggu sore jam 5 an kita nongkrong di gor segiri sebelum jalan jalan. atau kalo kawan-kawan belum datang kamu bisa samperin aku di warkom sumangat jl. agus salim dekat hotel andika.

  5. saya belum ada sepeda .,.,.,tapi saya pengen gabung tuh.,..,,.
    kalo daerah samarinda ada gak penjualan sepedax,.or daa yang jual seken2 n kira2 berapa tuh rp tuh bajetx.,.,
    thankz

    • gabung aja enggak apa, sebagai fans. smd saat ini belum ada yg jual baru, hrg 2 jutan lebih. kalo second mungkin ada sepeda kawan-kawan yg mau dijual coba hub si ardy distro clorin hpnya 081347744327. hrg mungkin dibawah 2 juta kalo second. atau buat aja lebih puas sama temen namanya hepni, rumahnya di bawah jembatan perniagaan pasar segiri yg halaman rumahnya ada banyak drum – drum. harga relatif standar bisa hampir 2 jutaan.

  6. w marta,,jakarta….
    w msh sekolah.
    sebetul’y ci w blm punya sepeda lowrider
    cz w blm ckp tabungannya,,nama’y joga pelajar
    kga ada uang’y.hahahahaha……
    cma keinginan buat punya besar banget.
    sat ni ci lg coba tny” harga second “LR”
    Klu bisa ksh solusi donxx…..
    htanx bdg ya.

    • Kamu kalo nyari barang second ya deketin komunitas-komunitas lori di kotamu, banyak info bisa didapat. kalo di pulau jawa banyak barang second. tapi kalo di tempatku di samarinda yang susah.

  7. mau tanya ni, merk sepeda ceper yang bagus apa ya? pemula mohon dibantu hehehe…

    • Schwinn, Western Flyer, Giant, Phoenix, element, michargi. Element dan michargi yang lumayan murah. Kalo yang pabrikan cina tapi lisensinya amerika masih bisa terjangkau harganya. yang mahal itu kalo import dari amerika.

  8. mantep

  9. Bang kalau pengeREMan sepeda chopper bagus nya pake apa iya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: