Ayo Sehat dengan Sepeda LOW RIDER – Interview Emusikaltim Magazine Dengan Samarinda Low Rider Community


Rencana hasil interview (pertanyaan dan jawaban) ini bentuknya persis sama dan akan dimasukkan ke dalam majalah Emusikaltim tapi ternyata bentuknya bukan dalam bentuk interview tetapi berubah menjadi  bentuk artikel, mungkin karena ada pertimbangan lainnya dari pihak Emusikaltim.

Artikelnya mengenai sepeda low rider dengan membahas komunitas low rider di Samarinda “Samarinda Low Rider Community”. Telah diterbitkan, dibahas di halaman KOLOM KALTIM COMMUNITY, hal. 18 – 19, Edisi bulan November 2010, Vol. 4, dengan judul : Ayo Sehat dengan Sepeda LOW RIDER.

Berikut Interview kemarin, Andi Isnar dari redaksi majalah Emusikaltim dengan Mad Lori anggota Komunitas sepeda low rider kustom “Samarinda Low Rider Community”.

1. Profil dari ketua “Samarinda Low Rider Community”?

Agus (Ketua)

Nama : Agus Marda (Bagus Pemuda Harapan Bangsa)

TTL : Samarinda, 04 Agustus 1989

Umur : 21 Th.

Alamat : Jln. Danau Melintang, No. 39, RT. 26 Samarinda Kaltim

Agama : Islam

Pekerjaan : Karyawan Swasta, CV. Yova Bersaudara, di Jln Ir. Sutami

Status : Lajang

Hoby : Olah Raga dan membaca berita.

Moto : My Bike Is My Style

 

2. Latar Belakang terbentuknya “Samarinda Low Rider Community”?

Superman Is Dead

*Info dari berbagai Media seperti : Tv, Video band (salah satunya dari Grup band Punk Rockabilly “Superman Is Dead” dari pulau dewata Bali termasuk yang mempopulerkan Low Rider di Indonesia), Internet, koran dan majalah telah membantu sekali penyebaran virus low rider ini dan menginspirasi kawan-kawan untuk memiliki dan membuatnya.

* Suka dari bentuk sepedanya : Awalnya dari kesukaan akan tampilan dari sepeda low rider itu sendiri dan bentuknya yang unik, bermacam-macam karena banyaknya aliran dari sepeda low rider tersebut sehingga sepeda-sepedanya bentuknya hampir tidak ada yang sama. Yang lebih unik dari sepeda-sepeda low rider ini adalah si pemiliknya bisa mendesain sendiri, membuatnya sesuai dengan keinginan hati.

Untuk lebih jelasnya kebanyakan ciri yang menonjol pada sepeda low rider adalah :

 

terdiri atas fork depan springer model bengkok (bent springer fork), setang model menggantung (apehanger handlebar) dan stang ada juga bentuk stang yang lebar (halfmoon), rangka model pelangi (rainbow bent frame), jok pisang (banana seat), dan besi sandaran jok (sissy bar), sementara yang lainnya bisa dikostumisasi lagi. Dan Ada beberapa aliran yang menggolongkan low rider ini kedalam beberapa jenis yaitu clasic alias original, vegas alias continental dengan cirinya memakai ban serep di bagian belakang seperti vespa. Aliran lain membagi sepeda low rider ini menjadi low rider bicycle, chopper atau stretch, Limo dan beach cruiser.


*Selanjutnya yang selalu diingat dan tak boleh dilupakan  adalah – Sejarah munculnya Sepeda low rider : Sepeda Low Rider pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960an, sepeda ini pertama kali di perkenalkan oleh The “custom” king George Barris, sebelum menemukan sepeda low rider si Tuan King ini pekerjaanya adalah menceperkan mobil, Memang saat itu virus Mobil Low Rider sedang mewabah di kalangan anak muda Amerika, Tetapi trend itu hanya bisa dirasakan oleh anak-anak muda dari keluarga kaya saja karena untuk membuat sebuah mobil low rider membutuhkan uang yang tidak sedikit, sementara anak-anak dari kalangan bawah hanya bisa melongo.

Melihat situasi seperti itu si King mendapatkan ide dengan mencoba membangun sebuah sepeda yang mengacu pada kesan low rider, untuk eksperimen pertama kali si King menerapkan pada sepedanya. Mulailah si King ini memperkenalkan kreasinya dari situ bisa di tebak banyak anak-anak dari keluarga yang kurang mampu beralih berkreasi membuat sepeda low rider.

Melihat peluang trend sepeda LR yang mulai di gandrungi akhirnya pada tahun 1963 pabrik sepeda SCHWIIN untuk pertama kalinya mengeluarkan model revolusi baru “New Cruiser “ STING RAY, model ini dibuat mengacu pada model motor model dragster yang sedang ngetop pada saat itu.Karena model tersebut nyaman di kendarai begitu juga dengan desainnya yg unik maka model tersebut menjadi booming dan digemari oleh anak-anak muda.

– Juga sejarah munculnya komunitas sepeda low rider di Samarinda : Berawal dari kawan-kawan yang sering ngumpul di distro scissors sejak tahun 2007an dan belum memiliki nama komunitas, mereka sudah mengenalkan sepeda low rider dengan bersepeda di jalanan Samarinda di waktu senggang mereka. Tapi mungkin karena kesibukan masing-masing anggota, low rider tidak kelihatan lagi di jalanan kota beberapa lama.

Seiring waktu yang terus berjalan beberapa kawan merindukan kembali kebersamaan hoby berlowrideran ria dan munculnya beberapa kawan baru yang ingin membentuk suatu komunitas sepeda baru dan akhirnya diawal bulan Agustus 2008 lahirlah komunitas low rider dengan nama “Samarinda Low Rider Community”. Anggota yang bergabung pada waktu itu masih sedikit kurang dari 10 an anggota dan terus berkembang, lambat tapi pasti. Waktu kumpulnya pada waktu itu tiap minggu sore berkumpul di Gor Segiri.

Kalau sekarang anak-anak low rider Samarinda kumpulnya minggu sore di depan Masjid Islamic Center, di Jalan Slamet Riyadi, Tepian, mulai jam 4 sore setelah itu dilanjutkan bersepeda bersama. Untuk menyebarkan informasi perkembangan Komunitas Low rider Samarinda kami juga mempunyai Blog yang kami kelola dan infonya terus ter update, nama Blognya : http://samarindalowridercommunity.wordpress.com. Facebook juga ada dan mengajak kawan-kawan untuk bergabung di grup FB, grupnya : Samarinda Low Rider Community. Alhamdulillah saat ini Samarinda Low Rider Community telah mempunyai base Camp atau kesekretariatan yaitu di Jln. PM. Noor, Perum Rapak Benuang, Blok : BC/8, Samarinda, Kalimantan Timur.  Di sini sebagai wadah kawan-kawan berkumpul dan berdiskusi.

 

3. Jumlah anggota dari “Samarinda Low Rider Community”?

* Saat ini kami tidak mempunyai angka pastinya berapa jumlah anggota yang telah bergabung dari awal terbentuknya sampai sekarang. Kami hanya bisa memperkirakan kurang lebih telah 60 an orang yang telah bergabung. Terlihat jumlahnya naik secara drastis ketika acara pawai pembangunan memperingati Hut RI ke 64 yang di adakan Pemkot Samarinda. Banyak yang bergabung tak terduga sebelumnya dan banyak kawan baru yang belum kami kenal. Yang selalu terjadi pada perkembangan anggota yang bergabung selalu dari waktu ke waktu ada saja kawan-kawan yang pergi meninggalkan komunitas ini dan ada juga kawan-kawan baru yang bergabung (Tetap aktif dan ada yang tidak aktif lagi). Terus Berganti, sehingga yang masih aktif pemilik sepeda low rider saat ini kurang lebih 40 anggota saja. Tapi kami tetap berusaha eksis dengan berbagai kegiatan dari sini lah kawan-kawan masih bisa selalu menjalin tali silatuhrahmi antar anggota low rider.

 

4. Data struktural dari “Samarinda Low Rider Community” ?

* Struktur Organisasi Inti SLRC :

Pembina : Bpk. Gentur Wibisono (Deputi Bank Indonesia)

Penanggung Jawab : Ardy Kaos Kutang (Lambai Kuda), Hp. 087810610736

Ketua : Agus (Bagus Pemuda Harapan Bangsa), Hp. 085752858998, 085250532949

Wakil Ketua : Rudy BC, Hp. 085246824509, 087810640552

Sekretaris dan Publikasi : Mad Lori, Hp. 08152050353

Koordinator : Mas Dwi, Hp. 081251722423.

(Struktur yang masih aktif)

 

Tongkrongan : Sekarang tempat nongkrong Minggu sore di depan Masjid Islamic Center, di Jalan Slamet Riyadi, Tepian. Mulai jam  4 sore setelah itu dilanjutkan bersepeda keliling kota.

Base Camp atau Kesekretariatan “Samarinda Low Rider Community” :

Jln. PM. Noor, Perum Rapak Benuang, Blok : BC/8, Samarinda

5. Sejauh apa perkembangannya kegiatan “Samarinda Low Rider Community”?

Sejauh ini perkembangan kegiatan komunitas sepeda low rider di Samarinda telah sangat banyak sekali. Kami mencoba bisa selalu eksis dibanyak event sebagai bentuk dari kampanye hidup sehat dengan bersepeda, mengenalkan sepeda low rider yang unik ini beserta komunitasnya ke masyarakat luas. Kegiatan tersebut diantanya seperti : Gathering komunitas, Bersepeda, Bhakti Sosial, Talk Show di Radio, Terlibat dalam pembuatan Video Clip Band-band lokal, Undangan meramaikan acara-acara (Promosi produk, musik dan lainnya), Fun Bike, Touring (Jalan-jalan dengan bersepeda dan bersilatuhrami dengan komunitas low rider di kota lain), Eksibisi dan yang paling diharapkan selalu ada adalah kontes sepeda low rider seperti yang dilakukan di luar negeri maupun di kota-kota besar di pulau Jawa. Dan masih banyak lagi lainnya. Banyak acara yang masih sifatnya undangan meramaikan acaranya orang sebagai bentuk kerja sama dengan berbagai pihak dan sedikit acara yang kami kelola sendiri seperti yang telah dilakukan Touring ke luar kota (sepeda-sepedanya dulu dinaikkan truck, penumpangnya ada yang sekalian di truck dan ada yang bawa kendaraan masing-masing, nanti setelah sampai kota yang dituju dilanjutkan bersepeda bersama komunitas di daerah) dan Bhakti Sosial (Galang dana untuk korban bencana).

Selama ini juga kontes kecantikan sepeda low rider kami mengadakannya dibantu dengan bekerja sama dalam event yang dikelola oleh orang lain / penyelenggara event / Event Organizer dan bergabung dalam event mereka. Kami sangat bersyukur masih diberi kepercayaan. Mohon maaf kalau kami belum bisa memberi hadiah yang berarti kepada pemenang kontes karena kami belum dapat dana dari sponsor. Tujuan kami pada awalnya hanya untuk memperkenalkan ke kawan-kawan low rider dan masyarakat bahwa sepeda-sepeda ini selain bisa dipakai untuk keseharian bisa juga dibuat sendiri dan mengkustomnya untuk keperluan kontes kecantikan sepeda.

 

6. Apa pandangan dari aparat setempat dan pemerintah setempat tentang “Samarinda Low Rider Community” ?

Alhamdulillah hanya sebagian masih memandang kami dengan sebelah mata. Belum sepenuhnya mendukung komunitas kami. Ini Cerita kenyataan pernah dulu terjadi kejadian yang sangat menggelikan ketika kami stop istirahat habis ngelow untuk nongkrong sejenak di trotoar jalan di depan bank BPD (Bank Kaltim sekarang), kejadiannya malam hari jam 9 malam kalo tidak salah, kami dibubarkan oleh oknum aparat kepolisian unit lalu lintas yang sedang mulai patroli. Mereka tidak mengerti tujuan kami, mereka menyamakan kami seperti anak-anak ABG motoran yang  nongkrong di pinggir jalan. Di sini kami ingin berkampanye sepeda dan mengenalkan komunitas sepeda low rider ke masyarakat agar masyarakat lain tahu akan keberadaan kami dan mulai menyukai sepeda. Dan kami tidak mau terlibat masalah dan bersikeras dengan para aparat polisi lalu lintas tersebut kami bergegas pergi meninggalkan tongkrongan yang sangat strategis di tengah kota tersebut. Lucu, Kesal, dongkol, sumpah serapah pasti ada perasaan tersebut bercampur. Kami pergi beriringan pun kami masih dicelotehin dibelakang kami lewat pengeras suara. Besok masih ada waktu untuk mengulanginya kembali, jangan patah semangat oleh hal sepele tersebut.

 

Selebihnya lumayan malah banyak dapat simpati dari masyarakat, aparat dan pemerintah. – Kami pernah juga terlibat dalam acara-acara berhubungan dengan pemerintahan seperti mendaftar untuk terlibat dalam acara Pawai Pembangunan memperingati HUT Kemerdaan RI dan menjadi agenda tahunan yang diadakan Pemkot Samarinda. Kami bersyukur Kelas sepeda bisa selalu ikut serta dan diperbolehkan mendaftar. Alhamdulillah komunitas sepeda low rider kami meraih selalu juara ke 2 untuk kategori kelas sepeda. Juara 1 nya dari Komunitas Onthel dan juara 3 nya dari BMX. – Acara Expo Kaltim baru-baru ini (Tgl. 3 – 8 Agustus 2010) yang diajak oleh Pelaksana acara “Tiga Warna Promosindo” dari Jakarta.  – Pemperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2010. Di acara ini kami dapat stand gratis untuk komunitas dan pernah pula dapat uang pembinaan walapun jumlahnya tak banyak dan piagam dari BNK ketika kami adakan kontes low rider di acara tersebut. – Pernah juga diundang memperingati peringatan merah putih Sanga-sanga. – Bersepeda bersama Gubernur Kaltim Bpk Awang Faroek Ishak dalam acara sepeda Gembira Kaltim Green 2010 dalam kegiatan ini kami sangat mendukung sekali gerakan pemerintah mengurangi polusi udara dengan bersepeda sebagai moda transportasi alternativ, penghematan energi dan penghijauan di Kaltim. Dan lainnya masih banyak lagi.

 

7. Apa yang masih menjadi hambatan dalam kegiatan “Samarinda Low Rider Community” ini ?

Selama ini beberapa kendala yang kami hadapi dalam kegiatan komunitas SLRC diantaranya adalah :

*Penyebaran Info acara tidak sepenuhnya sampai langsung ke anggota karena terkendala nomer kontak yang tidak semua tercatat dan saling mencatatnya juga biaya pulsanya yang menjadi beban pribadi. Anggota juga sering ganti-ganti nomer kontak jadi ini lebih susah untuk menghubunginya. Jadi Info acara sering lewat Facebook di rasa cukup efektif untuk penyampaian informasi secara lengkap. Tapi masih kalah cepat pesannya sampai dengan HP dan tidak semua anggota punya FB.

*Pendanaan yang sumbernya masih dari anggota saja, jumlahnya terbatas sekali yang kendalanya anggota banyak tidak rutin bertemu dan sering berganti anggota sehingga susah menerapkan iuran kas anggota komunitas.  Jadi iurannya hanya kalau ada event saja.

*Pembagian tugas dalam kegiatan acara sering tak terkoordinir secara rapi.

*Anggota yang sering berganti-ganti, selalu datang dan pergi meninggalkan komunitas, tak ingin terikat keanggotaannya juga sangat menyulitkan dalam beberapa hal diantaranya seperti : penyebaran informasi, koordinasi dalam pembagian tugas kegiatan, iuran rutin anggota untuk kas komunitas dan masih kurangnya komunikasi antar anggota sendiri karena belum saling mengenal jadi terlihat masih kurang solid.

 

8. Suka dan duka dalam aktivitas “Samarinda Low Rider Community” sendiri bagaimana ?

*Kita masih bisa bersyukur, Lebih banyak sukanya dibanding dukanya. Masyarakat banyak yang antusias dengan keberadaan dan perkembangan komunitas ini. Dari bentuknya yang unik ini saja banyak yang suka, semua mata tertuju padanya dan berkeinginan untuk memilikinya. Tapi kebanyakan masyarakat bingung mencarinya dimana di Samarinda. Tapi Alhamdulillah tahun 2010 ini di Samarinda sendiri sudah ada toko sepeda khusus yang menjual spare part sepeda low rider, nama outlet low ridernya “Rebellion Castle Custom” (RCC), Alamat sekarang pindah di Jl. Lambung Mangkurat, Gg. 09, No. 02, Samarinda (Thopia Net – Game Online), Kalimantan Timur, Indonesia (yang semula RCC alamat lamanya di Jl. Anggur No: 24 Samarinda). Selain itu toko sepeda yang lainnya ada di depan pasar pagi, “Sumber Mulia Motor” Jln. Jend. Sudirman, tokonya milik ko’ Aseng dari komunitas onthel Samarinda.

Menjadi kebanggan tersendiri juga  mengendarai sepeda kustom ini dengan gaya “slow and low”. Karena sepeda ini bentuknya ceper hampir pedalnya menyentuh tanah, dikendarainya juga liar karena garpunya ngebent (melengkung ke depan) dan ada yang panjang ke depan model chopper sangat susah dikendarai apabila dipakai ngebut, apalagi belum terbiasa maka lebih nyaman dan aman dikendarai dengan cara pelan tapi pasti, santai saja, nikmati sensasinya berkendara dengan sepeda low rider. My Bike Is My Style, sepeda ini bisa dibuat sesuai dengan keinginan hati, disesuaikan dengan gaya pemiliknya. Sudah pasti lebih mendapat perhatian dari pengguna jalan lain apabila ngelownya rame-rame, sangat mengasyikkan bersepeda low rider dan berkegiatan bersama komunitas karena akan menjadi pusat perhatian masyarakat dari pada jalan sendiri-sendiri. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan apabila bergabung bersama komunitas seperti contohnya komunitas ini terbukti beberapa kali diajak dalam meramaikan berbagai event baik dari event sepeda, promosi untuk beberapa produk, Bhakti Sosial sampai event eksibisi dan kontes. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak penyelenggara event yang memberi tempat / tenda gratis berhari-hari untuk mengadakan eksibisi ataupun kontes sepeda low rider dan bergabung dalam event mereka. Mudah-mudahan masyarakat akan menjadi lebih tau tentang keberadaan komunitas ini dan bergabung bersama kami.

 

*Dalam perjalanan komunitas ini pasti ada dukanya terbukti kami beberapa kali mengalamai kehilangan anggota, beberapa orang yang dulu pernah bergabung meninggalkan komunitas ini oleh karena beberapa sebab yang kadang kami sendiri tidak mengerti / tidak tau jelas, disebabkan juga oleh sistem keanggotaan yang tidak mengikat ini memudahkan orang untuk bergabung beberapa lama dan tiba-tiba mengakhirinya tanpa sebab yang jelas. Beberapa sebab yang sedikit kami ketahui seperti sepeda miliknya telah dijual, bosan, punya hoby yang lain yang lebih menarik, anggota lama ada juga ikutan tidak aktif karena banyaknya anggota baru yang bergabung dan saling tidak mengenal, kesibukan masing-masing individu dan lainnya. Dan akhirnya menjadi kendala juga dalam hal pendanaan seperti iuran untuk kas komunitas yang akan susah untuk diterapkan. Seringnya berganti-ganti anggota akan menyusahkan juga dalam koordinasi pembagian tugas, komunikasi, perlu waktu lagi untuk penyesuian terkadang membangun dari titik nol lagi.

 

9. Hal apa yang sangat menarik sehingga terbentuknya komunitas “Samarinda Low Rider Community” ini ?

Siapa saja boleh bergabung dan dengan sukarela sepenuh hati mamajukan komunitas Samarinda Low Rider Community. Mungkin itu yang menjadi hal yang menarik. Selama ini kami tidak membeda-bedakan latar belakang sosial masing-masing individu, mau dari kalangan mana saja asal suka sepeda low rider silahkan bergabung. Tidak ada pembatasan usia, berapa pun usianya boleh bergabung, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tuapun silahkan. Tapi kebanyakan yang bergabung dari kawan-kawan yang usianya produktif, anak muda. Tidak ada juga sistem paling sok seniority yang ada saling menghormati, jika kenyataannya ada yang seperti itu mungkin hanyalah oknum yang berlaku tak bijak.  Keanggotaannya juga tidak mengikat, minggu ini bergabung dan minggu besoknya tidak bergabung, tidak ada yang melarang. Tidak ada juga pelarangan punya hoby selain bersepeda low rider. Kami hanya berharap siapapun yang mempunyai sepeda low rider di Samarinda silahkan untuk bergabung, lebih banyak kegiatan positif yang bisa kita bangun bersama. Untuk kawan-kawan yang sudah bergabung kami berharap untuk bisa meluangkan waktunya bersepeda bersama kami dalam suatu kegiatan ataupun di minggu sore yang cerah, tanpa kalian semua kami akan sulit berkembang (tidak bisa eksis).

 

10. Kegiatan apa saja yang pernah di lakukan oleh komunitas ini ?

* Banyak sekali kegiatan yang telah dilakukan kawan-kawan dan selama ini kami hampir selalu sempat mencatatnya, tercatat sudah 64 kali acara pernah diikutin dari Awal Agustus 2008 sampai dengan Agustus 2010. Berharap ke depannya selalu banyak acara.

Kegiatan tersebut adalah :

– Telkomsel Simpati Zone Biking Adventure

– Pawai Pembangunan untuk memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 63.

– Diundang meramaikan acara donor darah yang diadakan oleh Bank Indonesia. Nama acaranya Dracula Night.

– Ikut membantu dalam Pembagian sembako murah dan buka puasa bersama yang diadakan oleh Bank Indonesia.

– Komunitas Sepeda Diundang Untuk Aksi Sosial yaitu Pembagian Takjil keliling pada bulan puasa 2008 yang diadakan oleh Telkomsel dan dilanjutkan buka puasa bersama di Hotel Borneo bersama komunitas sepeda samarinda.

– Galang Dana Korban Banjir yang diadakan oleh Sapos-Fizz Prod.

– Bersama Komunitas Sepeda Peringatkan Tentang Global Warming.

– Meramaikan acara sepeda gembira “Angkasa Fun Bike”

– Memajang sepeda pada acara Konser Nasyid di Ballroom Hotel Mesra, Samarinda.

– Memeriahkan Peringatan Merah Putih di Sanga-sanga.

Komunitas Low Rider Meramaikan Expo Fekon Unmul 2009

Sepeda Onthel dan Low Rider Mengawal & Melepas Jambore MTB Sekaltim 2009.

Sosialisasi Sepeda Low Rider Saat Sosialisasi PEMILU 2009 dengan Grafity

– BMX & Low Rider Samarinda Touring ke Balikpapan. IT FEEL HAPPINES TOURING ON BALIKPAPAN “Stop Global Warming, Stay Far Away From Drugs”.

Galang Dana Korban Kebakaran Di Lambung Mangkurat.

– Pawai Pembangunan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 64.

Bulan Puasa Bagi-bagi Ta’jil Bareng Distro MA STYLE

Distro Clorin Mengundang Kawan-Kawan Komunitas, diantaranya Komunitas Sepeda Low Rider, Untuk Berbuka Puasa Bareng.

– Bersepeda dengan memakai Kostum Batik

– Galang dana untuk korban bencana alam gempa bumi di Padang

– Bersama pemuda Samarinda Galang dana untuk Gempa Padang

– Fun Bike Perum Citraland City, Bekerja sama dengan Kaltim Post.

– Sepeda Santai dan Pajang Sepeda Low Rider di Stand, Garapan SAPOS-BNK-KONI, Memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (Hani), Dan Hari Hiv Aids Sedunia.

– Fun Bike Kentucky Fried Chicken.

– Angkasa Fun Bike RRI ke 3

– Promosi kartu XL dan Gathering XL.

– Pajang Sepeda Low Rider saat Shownya SAYKOJI.

– Talk Show On Air di Radio KPFM 96,8 Mhz.

– Undangan Distro Flaming Skull, Launcing menu nasi goreng ala Cafe Flaming Skull.

– Galang dana untuk korban bencana Kebakaran di Cendana.

– Rapat agenda tahunan baru pertama kalinya diadakan (Forum Rapat Besar Samarinda Low Rider Community Periode 2010 – 2012).

– Ngelow malam minggu bersama beberapa kawan dari Samarinda Low Rider Community di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara.

– Kawan-kawan Samarinda Low Rider Community dan Freestyle BMX Bandit diundang untuk ikut memeriahkan Acaranya Bank Indonesia : “Pencanangan Gerakan Indonesia Menabung”.

– Kawan-kawan Samarinda Low Rider Community dan BMX Bandit Samarinda jalan-jalan ke Kota Balikpapan.

– Sosialisasi sepeda low rider oleh beberapa teman Samarinda Low Rider Community di gedung Grand Ballroom Hotel Mesra International, Samarinda. Bersamaan waktu shownya Naif. Event dari Sampoerna A Mild “AS YOU LIKE IT”.

– Misi mengawal dan melepas keberangkatan Rahma dan Yunara, Pasutri Tuna Rungu sampai di Samarinda Seberang dan keduanya melanjutkan kembali perjalanan mengelilingi Indonesia.

– Ikut meramaikan acara “Weekend Music” di Plaza Mulia Samarinda.

– Ikut terlibat dalam pembuatan video clip band lokal Kalimantan “Think Pink”.

– Diundang untuk memajang sepeda low rider dalam ulang tahun Force Café yang ke 3.

– Galang dana untuk korban bencana kebakaran di Loa Bakung.

– Diundang untuk meramaikan acara Pocari Sweat “Ion Challenge Experience 2010” dengan memajang sepeda low rider kawan-kawan di depan panggung.

– Mensuport acara BMX Competation (Street, Flat Land Trick, Hoop Hight) di Gor Segiri Samarinda

– Diundang oleh pihak Indo Food Samarinda untuk meramaikan acara Indomie Jingle Dare 3 di Gor Segiri.

– Diundang untuk terlibat dalam perayaan “Chernobyl Day” (memperingati meledaknya pembangkit tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina).

– Diundang meramaikan promosi produk susu Zee Platinum (DBL Official Partner)

– Memeriahkan acara : “Student Basket Ball League 2010″.

– Gathering kawan-kawan komunitas dalam rangka silaturahmi di bengkel dan toko sepeda low rider R.C.C (Rebellion Castle Custom).

– Gathering kawan-kawan berbagai komunitas dalam rangka meramaikan acara Parade Band & Community (Ipong Festival).

– Meramaikan dan mensuport acara Kompetisi BMX Independent “Happy Fun”.

– Samarinda Low Rider Bicycle Contest I At Samarinda Central Plaza.

– Sepeda Gembira Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) Tahun 2010, “Kaltim Green” dengan Bersepeda bersama Gubernur Kaltim Bpk. H Awang Faroek Ishak.

– Gathering Komunitas Motor tua, Mobil tua dan Komunitas sepeda Low Rider “SLRC” juga diundang dalam acara tersebut. Kegiatan ini dalam rangka silaturahmi antar komunitas pecinta kendaraan Kuno yang antik dan unik.

– Meramaikan acara HANI (Hari Anti Narkoba Internasional) EXPO 2010 – “Ajang Kreasi dan Prestasi”

– Talk Show On Air Radio Paras 103,5 FM.

– Bersama kawan-kawan Low Rider Samarinda terlibat dalam pembuatan Video clip band lokal Samarinda “EL-JOMBLO”.

– Diundang oleh Pusamania untuk meramaikan Louncing cafe & Restaurant Pusamania “Republic Stadium Food n Coffee (RSFC) dan Louncing Kompilasi CD Pusamania. Serta Peresmian Pusamania Korwil Samarinda Low Rider.

– Meramaikan acara lomba rubik dan pajang sepeda low rider di Gramedia Mall Lembuswana.

– Meramaikan acara Nonton Bareng (NOBAR) Piala Dunia 2010 di Gor Segiri, Samarinda. Pajang sepeda low rider di acara ini.

– Menghadiri undangan Ulang Tahunnya Bapak Gentur Wibisono (Deputi Bank Indonesia Samarinda) yang ke 44 di kediaman beliau Jalan Seruni No.1 Samarinda (dekat Jln. Basuki Rahmat). Beliau juga selaku Pembina komunitas sepeda Low Rider Samarinda “Samarinda Low Rider Community”.

– Menghadiri dulu undangan Ultahnya Distro Thrive yang Ke-1. Setelah itu berangkat ke Tenggarong. Dalam rangka bersilahtuhrami dengan kawan-kawan komunitas sepeda low rider “Kukar Lori” (Kutai Kartanegara Low Rider) dengan bersepeda di Kota Raja Tenggarong Kutai Kartanegara dan menikmati malam penutupan Festival Erau.

– Acara One Stop Community In Action.

– Jum’at Sehat Dengan Bersepeda Gembira Lagi Bareng Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak.

Eksibisi dan Kontes sepeda Low Rider di acara Pameran Pembangunan Kaltim Expo 2010.

Eksibisi Sepeda Low Rider Di Acara Djarum Black “Sound Loudly & Club Modify 2010.

Dan lain-lain masih banyak lagi.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Blog kami :

https://samarindalowridercommunity.wordpress.com


11. Pendanaan “Samarinda Low Rider Community” dari mana ?

*Selama ini hanya kalao ada acara saja yang membutuhkan dana kami masih mengandalkan dana kolektiv (patungan) dari anggota saja atau dari kawan-kawan yang respect / peduli atas kegiatan kita tapi jumlahnya masih terbatas. Kami belum mendapat subsidi bantuan dana pembinaan dari Pemerintah dan kami juga belum tau mengurusnya ke mana jalurnya. Atau pihak sponsor yang mau membantu kami dalam pendanaan apabila ada event. Tapi sebenarnya kita sering meramaikan acara-acara sponsoran dan mudah-mudahan di lain waktu mereka bisa bantu kalau kita ada event, kalao bisa ada timbal baliknya lah dan wajar khan. Kita harus menjaga hubungan baik dan membangun relasi dengan pihak luar manapun, seperti pihak Event Organizer maupun pihak sponsor. Kami sebenarnya sangat berharap juga bisa lebih diperhatikan seperti mendapat dana untuk uang pembinaan dari Pemerintah atau juga pihak-pihak penyelenggara (acara komersil/sponsoran) yang mengundang komunitas low rider. Mereka mengundang kami untuk meramaikan acara mereka dan kami meminta bantuan dana untuk anggaran uang kas komunitas. Dan kebanyakan selama ini kami belum banyak diperhatikan, nasi kotakan saja kadang belumlah tentu. Mungkin juga ada anggapan dari anggota, “sepertinya komunitas kita Cuma dimanfaatkan saja”, wajar juga sih berpikiran seperti itu. “Perjuangan penuh dengan pengorbanan”, sangat cocok kalimat ini dengan kondisi kita saat ini. Berjuang memajukan komunitas Sepeda Low Rider di Samarinda. Waktu, uang dan tenaga tersisihkan untuk kemajuan komunitas ini. Yang selalu berusaha dan bersabar akan menjadi pemenangnya. Dan Alhamdulillah belakangan ini event –event yang telah kita ikutin, komunitas kita beberapa kali mendapat stand gratis untuk promosi komunitas sepeda, mulai diperhatikan dan juga mendapat penawaran dari pihak korporate yang akan membantu / ikut mensponsorin kawan-kawan low rider apabila ada event. Sekarang tergantung kitanya saja, mau bagaimana.

 

12. Untuk kedepannya apa akan di lakukan oleh komunitas “Samarinda Low Rider Community” ini ?

Kami saat ini belum membuat event yang kami kelola sendiri seperti salah satunya yang paling diharap adalah ke depannya kami bisa membuat event kontes sepeda low rider dengan semakin banyak klass kontes sepeda low rider yang dipertandingkan, dengan juri dari luar ( Contohnya : Jakarta / Bandung) yang lebih paham sehingga kita bisa banyak belajar langsung dari mereka dan juga banyak pesertanya dari berbagai daerah tentunya. Karena tidak sedikit dana yang dikeluarkan untuk acara tersebut, kerja sama dengan EO atau pun sponsor bisa lebih membantu, terlebih lagi kami telah banyak terlibat dalam event dengan banyak sponsor acara, mudah-mudahan bisa dimintai tolong untuk mensponsorin kita kalau kita ada buat event. Peranan Pemerintah daerah juga bisa sangat membantu dalam kegiatan ini, mudah-mudahan juga kami berharap sangat untuk bisa didukung secara nyata dari Pemerintah Samarinda dan Pemprov Kalimantan Timur tentunya. Karena kreatifitas seni dengan sepeda low rider kita juga adalah hoby yang sangat ramah lingkungan dan sangat mendukung sekali program pemerintah Kaltim “Kaltim Green”, Hijaukan kaltim salah satunya adalah dengan hoby bersepeda dan berkreasi dengan sepeda.

Harapan kami perkembangan sepeda low rider di Samarinda bisa selalu bertahan dan semakin eksis dengan banyak penggemar sepeda low rider yang bergabung di komunitas. Selain bersepeda low rider kita juga bisa mengasah kreatifitas masing-masing dengan mendesain dan membuat sepeda low rider menurut keinginan hati yang sesuai konsep untuk diwujudkan dan dikonteskan dalam ajang kontes sepeda low rider. Dengan begitu harapannya ke depannya akan banyak bermunculan builder / modifikator lokal yang bisa mewujudkan ide-ide kreatif segar ke dalam bentuk hasil karya seni sepeda low rider yang sedap dipandang mata, akan membuka peluang usaha juga dalam pembuatan sepeda kustom, lebih banyak orang yang akan tertarik dengan sepeda low rider dan bergabung dengan komunitas low rider lokal.

 

13. Pesan untuk sesama kawan low rider ?

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan semua yang pernah bergabung dan yang sedang bergabung dengan komunitas sepeda low rider “Samarinda Low Rider Community” kalian semua telah bersama ikut berpartisipasi dalam meramaikan dunia persepedaan di Samarinda khususnya dan di Indonesia umumnya. Mungkin ada baiknya untuk mohon dipikir lebih masak-masak lagi apa maksud dan tujuan kawan-kawan memilih bersepeda dengan sepeda low rider dan baiknya bergabung dalam komunitas sepeda low rider di kotamu, koreksi diri, jawabannya hanya pribadi masing-masing yang tau dari hati yang paling dalam. Bilamana pilihan kita sudah bulat memilih menyukai sepeda low rider dan bergabung dengan komunitas low rider di kota kita tercinta mari kita suka rela membangun bersama komunitas ini dan memajukannya untuk bisa selau eksis, jalin tali silatuhrami dengan komunitas low rider di manapun berada,  dengan komunitas sepeda lainnya dan dengan komunitas manapun. Sebarkan Virus sepeda low rider dimanapun saja.  Menjaga nama baik komunitas ini sangatlah penting. Jika kita saling bersatu dan beretika baik maka kita akan mudah berkembang dan diterima dikalangan manapun.  Jadikan semua perbedaan diantara kita menjadi bentuk keberagaman yang indah, seperti bentuk sepeda low rider kawan-kawan yang hampir semua tidak ada yang sama bentuknya karena low rider sendiri mempunyai berbagai aliran tapi menjadi kan kita komunitas sepeda low rider punya keunikan tersendiri dan disukai banyak orang.  Dengan seringnya kita bertemu dalam kegiatan bersepeda akan membuat kita semakin saling mempererat tali silaturahmi, saling lebih mengenal satu sama lainnya dan membuat kita bisa tetap eksis dan mempermudah penyebaran virus low rider. Kami juga membutuhkan dana untuk lancarnya kegiatan komunitas Samarinda Low Rider Community dari kawan-kawan anggota low rider Samarinda, kami mohon juga untuk bisa membantu secara suka rela untuk pemasukan uang kas kami. Mohon bantuannya juga dari anggota untuk bisa turun tangan suka rela saling bantu-membantu untuk mensukseskan segala kegiatan yang sedang dilakukan. Tunjukkan kreatifitas seni kawan-kawan Samarinda dalam membuat sepeda low rider  yang unik dan sedap dipandang mata dalam acara eksibisi dan kontes kecantikan sepeda low rider, sangat diharapkan selalu ada di Samarinda dan dimanapun. Mohon dukungannya juga dari komunitas low rider dimanapun berada, komunitas sepeda lainnya, komunitas mana saja, seluruh masyarakat  dan Pemerintah Samarinda, Kalimantan Timur. untuk Perubahan yang lebih baik hanya bisa dari tangan-tangan diri anggota low rider Samarinda semua. Mohon tetap semangat, jangan gampang patah semangat oleh karena hal-hal sepele yang tak perlu dipermasalahkan. Maju terus low rider, Aku dan Kau suka Low Rider.

Samarinda, 30 September 2010

SAMARINDA LOW RIDER COMMUNITY

 

Mad Lori – Samarinda Low Rider Community (SLRC)

Redaksi Emusikaltim

isnarisra@ymail.com / magazine@emusikaltim.com

~ oleh samarindalowridercommunity pada 9 November 2010.

16 Tanggapan to “Ayo Sehat dengan Sepeda LOW RIDER – Interview Emusikaltim Magazine Dengan Samarinda Low Rider Community”

  1. Kami Low Riders Bike Banyuwangi, Jawa Timur. . .ingin bergabung dengan komunitas low rider Community Samarinda. . .

    Please visit lowbikersbanyuwangi.blogspot.com untuk melihat profile kami. . .

    Thank you. . . .

    • wow kawan dari jauh, suatu kehormatan bisa berteman dengan kawan low rider indonesia, sperti kawn dari banyuwangi. mari kita sama – sama memajukan dunia persepedaan di indonesia dengan sepeda low rider kita.

  2. keren gan

  3. sayah senang sekali yangnamaya sepeda low rider

    • thanks kalo senang dengan sepeda low rider mari kita bersepeda menghijaukan bumi kita.

  4. mantap bradddd….

    ku juga salah satu penggila Lowrider….

    nie skrang ku lagi ngerancang kostum lowrider ku ndiri…..

    oia thanks

    alnya di blog ini q dapat inspirasi to lowrider tunggangan ku nnti….
    cayo braddd……

    • wah-wah-wah thanks sob, kita sama-sama doyan berlowrideran ria. oke deh semoga dikau sukses merancang tungganganmu.

    • tolong di kirim kostum nya prend ,.,.,.,
      moga kostum nya jadi

      • hehehe kami tidak produksi lagi, kemaren terbatas buat anggota aja, bukan sama aku buatnya sama teman. kalo untuk kamu bisa kamu sablon aja sendiri kaosnya copy dari gambar logo kita, sablon satuan.

  5. boleh ikutan gak kk.,?

  6. lowred indo ayo semua main ke kota malang

    • wah sip thanks telah mengundang kawan-kawan lori se indonesia. nanti ada ada dana dan kesempatan mampir ke sana

  7. ayo bycycle bandidos @tugu jogja _jaalan lo with pilox art’z

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: