Ayo Sehat dengan Sepeda Low Rider – KOLOM KALTIM COMMUNITY, EMUSIKALTIM MAGAZINE


Majalah Entertainment & Musik Kalimantan Timur EMUSIKALTIM, Edisi bulan November 2010, Volume 4, Issue 1, membahas masalah komunitas sepeda low rider di Samarinda, KALTIM yang bernama “Samarinda Low Rider Community” dalam Kolom KALTIM COMMUNITY di halaman 18 dan 19, dengan judul tulisan “Ayo Sehat dengan Sepeda Low Rider”. Terima kasih sebelumnya untuk EMUSIKALTIM MAGAZINE yang sudi mempublikasikan komunitas sepeda low rider yang ada di Kota Samarinda ini dalam majalah Emusikaltim yang penyebarannya untuk seluruh wilayah yang hampir semua ada  di KALTIM. Berikut artikelnya di bawah ini :

Samarinda Low Rider Community - EMUSIKALTIM - Hal. 18

Samarinda Low Rider Community - EMUSIKALTIM - Hal. 19

“Ayo Sehat dengan Sepeda Low Rider”

LOW RIDER. Cukup keren memang namanya. Tapi tahukah anda, Low Rider sebenarnya predikat untuk sebuah sepeda asal negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Sepeda ini memang agak lain dari bentuk sepeda pada umumnya. Meski tergolong tua, ia kelihatan sedikit lebih modis dan bergaya. Ciri khas menonjol pada Low Rider yang akrab disebut Lori tersebut adalah, setangnya yang tinggi (Apehanger handlebar) dengan garpu depannya yang panjang sampai hampir menyentuh tanah, sehingga sepeda terlihat ceper dengan sadel model pisang (banana seat) plus sandarannya (sissy bar).

Di daerah, khususnya di Samarinda, lori sepertinya mulai diminati para kaula muda. Mereka bahkan sudah membentuk kesatuan dengan nama Samarinda Low Rider Community (SLRC). Community ini terbentuk sejak Agustus 2008. Ini berarti bergeser setahun (2007) setelah sebelumnya Lori diperkenalkan ke public oleh distro scissors.

Banyak orang berpendapat bahwa hoby sepeda Lori ini sebagai bagian dari perkembangan suatu kota. Terutama buat mereka yang haus akan perkembangan mode yang lagi ngetrend saat ini. Karena itu belum bisa diprediksi apakah trend bersepeda seperti ini selalu bisa bertahan atau hanya menjadi trend sesaat saja.

Tapi yang jelas kehadiran Lori di Samarinda mendapat sambutan begitu bagus. Bagaimana tidak, jika SLRC awal terbentuknya, 2008 cuma beranggotakan sekitar 10 orang, setahun kemudian jumlah anggotanya sudah membengkak menjadi 60 orang lebih. Bahkan mereka sempat ambil bagian di acara Pawai Pembangunan di Agustus 2009 pada peringatan HUT RI ke 64 di Samarinda. Mereka menjadikan acara ini sebagai kegiatan rutin tahunan untuk menunjukkan keberadaan komunitas pada ribuan pasang mata masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

“Sangat efektif untuk promosi kendaraan sehat kepada masyarakat dan dampaknya sangat positif sekali,” kata Mad Lori.

Namun disayangkan untuk mendapat sepeda standar Lori, sedikit sulit. Karena itu di SLRC sendiri terlihat lebih banyak variasi Lori dengan berbagai bentuknya. Hal ini disebabkan, sebagian besar Lori adalah buatan sendiri. Dan ada pula yang memang buatan pabrik.

Para anggota SLRC membuat Lori dengan segala keterbatasan, jadi hasilnya ada yang lumayan sempurna dan ada juga yang masih perlu sentuhan ulang. Tapi ini rasanya tak jadi masalah. Hal ini justeru menjadi kebanggaan, sebab mereka sudah berani membuat kreasi sendiri berdasarkan ide-ide sendiri dengan pengembangan ilmu yang mereka peroleh dari internet, majalah, video diskusi dengan kawan dan lain sebagainya.

Low Rider merupakan bagian dari sejarah. Sepeda ini sudah ada sejak tahun 60-an. Pertama kali diperkenalkan oleh The “Custom” King George Barris.

Dalam perkembangannya, ada beberapa aliran yang menggolongkan low rider kedalam beberapa jenis. Seperti jenis classic alias original, vegas alias continental dengan cirinya memakai ban serep di bagian belakang seperti vespa. Aliran lain membagi sepeda low rider ini menjadi low rider bicycle, chopper atau stretch, trike dan cruiser.

Dari semua kegiatan tersebut di atas SLRC berharap suatu saat bisa membuat acara sepedaan yang unik dan menarik, seperti kontes sepeda low rider mengikuti langkah dilakukan sejumlah community lainnya di luar kota sana.

BANYAK MANFAAT

Bersepeda dengan bergabung bersama komunitas sepeda banyak manfaat yang kita dapat. Bersepeda sama dengan berolah raga dan menjaga tubuh tetap sehat, sebagai alat transportasi yang murah tetapi tidak murahan, Mencintai dan menjaga lingkungan kita tetap nyaman tanpa polusi, Tidak usah dibebani oleh pajak tahunan dari kepemilikan sebuah kendaraan, Biaya perawatan terjangkau, Tidak memerlukan bahan bakar dan mendukung program penghematan BBM, Harga sepeda relatif terjangkau sesuai kebutuhan, Mengurangi kemacetan dan dapat menghindarinya, Memperluas jaringan pertemanan baik sesama komunitas sepeda maupun komunitas lainnya dan mempererat tali silaturahmi, Berbagi informasi tentang dunia sepeda, Bersama kawan-kawan lebih mudah membuat kegiatan-kegiatan positif, dll.

Dengan memakai sepeda low rider anda bisa jadi kreatif untuk memodifikasi atau membuat sepeda, Tampil beda dan gaya, Lebih rajin bersih-bersih menjaga penampilan sepeda, Bentuknya yang unik banyak disukai orang-orang, Bisa untuk barang pajangan, Bisa dijadikan sebagai hiburan selain kontes sepeda low rider dengan membuat acara ketangkasan sepeda low rider (Low Rider Slalom Test, Slow Low Rider, Drag Race), Mempunyai nilai jual lumayan baik itu dari segi bentuk sepedanya yang unik maupun imejnya dan dapat membuka peluang usaha baru, dll. **

 

~ oleh samarindalowridercommunity pada 21 November 2010.

2 Tanggapan to “Ayo Sehat dengan Sepeda Low Rider – KOLOM KALTIM COMMUNITY, EMUSIKALTIM MAGAZINE”

  1. Saya ada lagu anak-anak yang asyik dinyanyiin saat bersepeda. Bisa dinyanyikan kalau bersepeda dengan buah hati anda..Semoga bisa menambah semangat buah hati anda untuk bersepda. Pokoknya lagunya asyik deh..dan didapetin secara GRATIS…TIS…. TISSSSSSSSSSSSSSSSS
    Klik saja: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/12/bersepda-lagu-anak-karya-kak-zepe.html
    ,,m.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: