Dari Kota sampai Makam – Tabloid KONTAN Edisi 28 Feb – 6 Mar 2011, Hal. 25


Tabloid KONTAN Edisi 28 Feb – 6 Mar 2011,  Hal. 25

Dari Kota sampai Makam


Mengintip lokasi hangout pecinta sepeda.

Bersepeda paling seru dilakukan bersama. Tujuannya pun beragam. Ada gunung, pantai, pusat kota, sampai situs-situs bernilai sejarah yang belum terjamah menjadi objek bersepeda yang mengasyikkan. Anda sendiri pilih ke mana ? Yuk, gowes !

Fransiska Firliana

Komunitas pecinta sepeda angin memang kian menjamur akhir-akhir ini. Pusat keramian kota kerap dijadikan arena kumpul. Aktivitas yang mereka lakukan biasanya bersepeda bersama berkeliling kota. Lihat saja, Samarinda Low Rider Community (SLRC) tiap Minggu nongkrong memarkir sepeda unik mereka di area Islamic Center Samarinda. “Baru-baru ini tempat itu jadi ikon Kota Samarinda. Jadi asyik aja nongkrong di situ,” ujar Achmad Zulkarnain, salah satu pengurus SLRC.

Achmad bercerita, komunitas beranggotakan sekitar 40 orang ini kerap menggelar bersepeda bersama mengelilingi Kota Samarinda. “Yang penting jalan. Maklum saja, di kota kami tidak banyak lokasi wisata, “jelasnya. Biasanya kegiatan SLRC dilakukan pada Sabtu atau Minggu sore. SLRC ingin menebarkan virus naik sepeda pada masyarakat di Samarinda.

Begitu pula dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia(Kosti). Tedi Nugraha, salah seorang pengurusnya, mengatakan komunitasnya tak punya agenda khusus setiap minggunya. “Kalau sudah kumpul, baru menentukan tujuan,” kata dia.

Selain keliling kota, lokasi yang dituju biasanya kawasan budaya, seperti Kota Tua Jakarta. Selain itu, berbagai tempat wisata di Jakarta, seperti Kebun Binatang Ragunan atau Monas. Tak tanggung-tanggung, sekali jalan ada 1.000 orang yang berkumpul. Maklumlah, komunitas ini cukup terorganisir dan anggotanya tidak terbatas di Jakarta saja. Untuk tahu dan mengikuti aktivitas komunitas ini, Anda bisa memantau di blog http://sepeda.wordpress.com.

Selain acara kumpul atau bersepeda bersama, komunitas-komunitas ini sering dilibatkan dalam acara yang diselenggarakan pemerintah daerah, misalnya parade Hari Kemerdekaan RI atau pentas musik.

 

Asyik ke situs purbakala

 

Berbeda dengan SLRC, kumpulan pecinta sepeda yang tergabung dalam Sabtu Pagi Sepeda Santai (SPSS) selalu punya agenda seru setiap minggunya. Aktivitas bersepeda sering dilakukan di Sabtu pagi, tapi bila libur sering melakukan perjalanan pada malam hari. “Kami tidak ada tempat nongkrong khusus. Kami selalu menentukan tempat kumpul strategis sebelum melakukan perjalanan, “jelas Andri Andreas, pengurus komunitas bersepeda di Jogja ini. Andreas mengungkapkan, tujuan bersepeda SPSS kebanyakan area situs purbakala di Jogja dan sekitarnya, mulai dari candi, pantai, gunung, sampai kuburan. Untuk tahu Aktivitas mereka, Anda bisa bergabung di  http://www.facebook.com/spss.jogja.

Tak melulu tempat wisata populer, SPSS juga kerap menyambangi situs yang belum komersial. “Itu asyiknya, teman-teman yang belum tahu, jadi tahu. Ambil contoh, situs Sunan Kalijaga,” ujar Andreas. Tak cuma itu, terkadang sang kepala rombongan tidak memberitahukan tujuan dan tahu-tahu sudah berada di area kuburan yang menarik. Jadi lewat komunitas ini, bukan saja sehat bersepeda, Anda juga bisa mendapat teman-teman baru dan belajar tentang sejarah dan budaya. Andreas bilang, mereka akan terus berburu lokasi-lokasi yang tak terduga.

Ayo, siapa mau ikut ?     □

 

 

~ oleh samarindalowridercommunity pada 16 Maret 2011.

2 Tanggapan to “Dari Kota sampai Makam – Tabloid KONTAN Edisi 28 Feb – 6 Mar 2011, Hal. 25”

  1. emhh keren dch ?? kpn ya bsa kumpul kya gtu ??!! alnya di sni ga ada perkumpuln low rider sih ?????! aq juga pnya spda lo rider >>>>>> emhhh keren bnget I LIKE YOU

    • thanks sebelumnya. kamu tinggal di mana di kota apa ?, bertahap nanti juga kalo giat ngumpulin massa bisa terkumpul lambat laun.sabar aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: