Apapun Sepedanya Kostumnya Tetap Batik


Diakuinya batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia oleh dunia Internasional yang dikukuhkan pada tanggal 2 Oktober 2009, pada hari Jum’at. Berikut ini adalah budaya-budaya yang diakui oleh UNESCO sebagai budaya Indonesia antara lain : Wayang Kulit, Keris dan Batik. Dan pada akhirnya pada tanggal 2 Oktober di tetapkan menjadi Hari Batik Nasional.

Aksi memakai batik yang dilakukan serempak se nusantara untuk memperingati dipatenkannya batik oleh Organisasi Dunia Urusan Pendidikan, Sains, dan Budaya PBB – Unesco (United Educational, Scientific, and Culture Organization) di Paris, Prancis juga dilakukan di Samarinda, Kalimantan Timur oleh berbagai komunitas sepeda diantaranya perwakilan dari Bike To Work chapter Samarinda, Samarinda Low Rider Community (S.L.R.C) dan Bubuhan Onthel Mahakam (B.O.M).

Pada hari Jum’at pagi kita memperingatinya dengan bersepeda bersama memakai kostum batik. Rute dari tempat ngumpul aksi di Tepian Mahakam, di seberang Kantor Gubernur, Jl. Gajah Mada, Samarinda menuju Gor Segiri, Jl. Kusuma Bangsa, Samarinda. Aksi yang dimulai pada pukul 07.30 dan berakhir kurang lebih pada pukul 08.30 pagi. Selama aksi berlangsung kita banyak mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat yang menyaksikan.

batik 1Sebelum berangkat konvoi kita menyempatkan diri untuk foto bareng, lihat ada berbagai jenis sepeda ikut dalam aksi ini, Ada sepeda Gunung (MTB), sepeda Onthel Tua, Sepeda Low Rider. Apapun sepedanya kostumnya tetap batik.

batik 2Spanduk sudah disiapkan dan dibuatkan oleh kawan-kawan Bike To Work, Chapter Samarinda, bunyinya : Mari Jaga…dan Lestarikan Alam Seni Dan Budaya Asli Indonesia.

batik 3Kawan-kawan perwakilan dari berbagai komunitas sepeda di Samarinda diantaranya adalah Bike To Work chapter Samarinda, Samarinda Low Rider Community (S.L.R.C), Bubuhan Onthel Mahakam (B.O.M).

batik 16Mas Sopian (koordinator aksi dari Bike To Work) nomer 2 dari sebelah kiri saya.

batik 17Gadis-gadis tetap modis memakai batik.

batik 4Kita siap-siap meninggalkan Tepian Mahakam di seberang Kantor Gubernur Samarinda menuju Gor Segiri, Samarinda.

batik 5Kita bukan ke acara undangan atau ke acara resmi lho…

batik 6Bersepeda memakai batik ini baru pertama kali dilakukan.

batik 7Bersepeda bersama memakai batik cukup keren juga dan masyarakat senang juga melihat kita.

batik 8Yang paling banyak mengikuti acara ini adalah kawan-kawan yang memakai sepeda gunung MTB dari Komunitas Bike To Work chapter Samarinda.

batik 9Menjadi pusat perhatian masyarakat di jalan.

batik 10Kawan-kawan Low Rider di belakang.

batik 11Ada juga kawan-kawan yang menggunakan kendaraan bermotor yang suport aksi kita dengan menggunakan batik juga.

batik 12Keren juga pake Scooter dan pake batik, generasi retro batik. Terima kasih ya…mbak puji dari perwakilan Parkour Samarinda mau foto-fotoin kita sebagai dokumentasi.

batik 13Sebelum bubaran kita foto bareng dulu untuk kenang-kenangan. Dan Tanggal 02 Oktober ini ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

batik 14Kita generasi muda harus menghargai warisan budaya asli Indonesia, pake batik tetap bisa gaya kok.

batik 15Ehhh ada Mobil Polisi mendatangi kita tiba-tiba, ternyata bapak-bapak yang ada di mobil patroli ini cuma nanyakan tentang aksi kita, wah ketinggalan berita ternyata pak polisi ini.


7 Tanggapan to “Apapun Sepedanya Kostumnya Tetap Batik”

  1. wah. .
    keren – keren tuh, emang bener kita harus menjaga budaya indonesia, biar gak di colong sama negara lain. .

  2. kanak muda pake batik keren lho, ayo budayakan berbatik dan bersepeda di indonesia

  3. guys, mau tnya nih..toko sepeda hrgax pling “miring” di samarinda dmna ya..? alx dr dlu pngen pnya speda bagus tp blm ksmpean
    thanks be4..

    • dimana ya coba ke toko sepda yang di jalan antasari dekat simpangan jalan yang mau ke jalan baru tembus perumahan grand mahakam.

  4. […] Apapun Sepedanya Kostumnya Tetap Batik […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: