06. Sejarah Sepeda Low Rider


I. Sejarah Awal Low Rider
Sepeda Low Rider (ceper) telah beredar bertahun-tahun, walau tak seorang pun yang mengetahui kapan tepatnya sepeda Low Rider mulai beredar dijalan-jalan. Sepeda Low Rider merupakan hasil dari sebuah gerakan Low Rider (Low Rider Movement) selama tahun 60an. Pada awalnya style low rider hanya digunakan untuk memodifikasi otomobil. Karena mahalnya mobil pada saat itu, anak–anak muda yang tertarik dengan gerakan ini tidak sangup untuk menjadi bagian. Sebagai gantinya mereka mulai memodifikasi sepeda yang telah mereka miliki.

schiwinn-631Schwinn Sting Ray (1963)

Pada tahun 1963 produsen sepeda Schwinn di Chicago, mengeluarkan produk terbaru yaitu Schwinn Stingray. Stingray dibuat menyerupai Dragster, salah satu tren motor yang sangat terkenal pada masanya. Stingray telah membuat sepeda lebih menyenangkan dari sekedar alat transportasi. Pada tahun 1964 George Barris yang didaulat Hollywood sebagai “king custom” karena hasil karyanya yang banyak dipakai oleh Hollywood, terinspirasi untuk memodifikasinya. Sepeda yang khusus dibuat untuk Eddie Munster dalam acara “The Munsters”, adalah Monster Koach and Dracula. Mungkin ini adalah momen yang berhasil didokumentasikan dalam sejarah sepeda Low Rider, sebagai sebuah permulaan.

I.1. Grup Awal, Mati Suri dan Representasi Low Rider
Sebuah grup yang terdiri dari anak-anak muda latin (Chicanos) dari timur Los Angeles, menganggap modifikasi yang dilakukan George Barris tidaklah cukup. Lalu mereka mengisi framenya (membuat tangki), menambah tiang dan bendera, kaca spion, merupakan modifiksi pertama yang mereka buat dan tentu saja merendahkan (ground clearance) sepedanya. Membengkokkan garpu adalah hal yang sangat umum untuk merendahkan sepeda pada saat itu.

low-rider-classic
Low Rider telah membuat cara pandang orang berbeda terhadap sepeda. Pilihan dalam merancang (mendesain) style atau tema yang diinginan tidak akan punya akhir. Namun pada awal ‘80an sepeda Low Rider mengalami mati suri, sedangkan BMX dan sepeda-sepeda Freestyle (mountain bike) menjadi pilihan utama produksi para produsen sepeda.

Walaupun Schwinn dan produsen sepeda yang lain mengalihkan membuat sepeda-sepeda BMX dan freestyle, pasaran sepeda-sepeda Low Rider klasik masih sangat diminati. Hanya sedikit sepeda Low Rider yang berkeliaran di jalan pada masa mati suri itu dan kebanyakan hanyalah sepeda Cruiser.

schiwinn-cruiser

Pelan tapi pasti, Stingray klasik menjadi sangat popular, hasilnya adalah sepeda Schwinn stingray klasik menjadi langka dan mahal dipasaran.
Hasil dari gaya memperbaharui ini telah membuka pintu bagi penerbit Low Rider Magazine Alberto Lopez , yang telah menginvestasikan waktu dan uang untuk mengembalikan penampilan sepeda klasik. Setelah beberapa bulan melakukan investigasi, Alberto tidak dapat membeli hak paten Schwinn Stingray, jadi tinggal ada satu pilihan yang dapat dia lakukan, membuat representasi dari Schwinn Stingray. Ini merupakan kelahiran dari Aztlan Cruiser dan juga Low Rider Bicycle Inc, yang telah menjadi penyedia keperluan suku cadang sepeda-sepeda Low Rider saat ini.

II. Sejarah Sepeda Low Rider di Indonesia
Sepeda jenis Low Rider masuk ke Indonesia sekitar akhir tahun 70an dengan sebutan yang bermacam-macam seperti salah satunya sepeda kumbang mini. Karena waktu peredaran atau penyebaran yang terbilang sempit kurang lebih sepuluh tahun, menjadikan sepeda jenis ini berjumlah lebih sedikit dibandingkan sepeda jenis ontel, MTB, mini dan BMX. Selain dari Indonesia, kebanyakan sepeda Low Rider dengan jenis Stingray 20 dan Beach Cruiser 26 didatangkan (import) dari negara-negara Asia seperti Jepang dan Cina, walaupun terdapat pula sebagian kecil dari Benua Barat seperti Amerika dan Eropa. Dari Indonesia merk yang terkenal adalah Benny Indonesia, dari Jepang terkenal dengan merk Benny Japan, Fuji Feather, dan lain-lain, negara Cina dengan Phoenix dan negara Benua Barat dengan Schwinn (Chicago AS), Raleigh (Inggris), Stelber (Amerika), Murray (Amerika), Western Flyer (Amerika) atau pun dari Low Rider Bicycle Inc (Amerika / Australia).
Aliran Low Rider atau yang sering disebut dengan ceper masuk Indonesia sekitar pertengahan 90an. Pada awalnya Low Rider hanya dilakukan untuk kendaraan bermotor khususnya mobil. Karena modal yang dikeluarkan tidaklah terlalu mahal, banyak yang mengadopsi aliran ini. Pada akhir ‘90 aliran ini banyak diadopsi oleh para pemakai sepeda motor. Untuk sepeda sendiri tidak ada yang tahu pasti kapan aliran Low Rider mulai diikuti, sekitar tahun 2003 seiring dengan banyaknya pemakai dan pemodifikasi sepeda motor yang tertarik memainkan sepeda jenis ini, aliran low Rider pun mulai banyak dikuti sebagai dasar memodifikasi sepeda.

low-rider


6 Tanggapan to “06. Sejarah Sepeda Low Rider”

  1. Numpang iklan Pren..

    Produksi sepeda lowrider, chooper, cruiser, basman, limousine dan tandem.
    Kunjungi kami di http://www.velg27.blogspot,com
    Phone : 0817 265 719
    YM n Email : pru_hq@yahoo.com

  2. gman cara buat bos???

    • gmana cra membutnya bos

    • saya hanya bisa kasi info untuk datang ke bengkel-bengkel las di kotamu dan kasi gambar sepeda yang kamu inginkan. kalo mereka enggak bisa buat silahkan datang ke bengkel low rider di
      04. Info Bengkel Dan Toko Sepeda Low Rider Di Indonesia

      Di sini kami (Admin) hanya sekedar saling berbagi informasi agar memudahkan kawan-kawan untuk mencari Info bengkel yang membuat sepeda low rider dan toko yang menjual sepeda low rider berserta aksesorisnya. Tidak ada maksud lainnya.

      Mohon nanti di cek masing-masing untuk memastikan tentang keberadaan Bengkel dan Toko Sepeda Low Rider tersebut saat ini, masih aktif atau tidak, sudah pindah alamat atau tidak. Mengenai segala masalah transaksi jual beli, pemesanan dan pengiriman barang bukan urusan kami (Admin), apalagi suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan dan lainnya sangat jelas kami (Admin) tidak menanggung hal tersebut. Sangat dimohon bisa saling menjaga kejujuran dan kepercayaan dalam etika berbisnis.

      Oke silahkan mencoba mengontek untuk memesan barang yang anda inginkan atau silahkan mencoba langsung mencari dan mendatangi bengkel atau toko tersebut untuk lebih memastikan dan memudahkan segala keperluan yang kalian cari agar lebih puas mendapatkan sepeda low rider yang kalian idam-idamkan, sangat disarankan oke.

      ………………………………………………………………………………………………………….

      R.C.C (Rebellion Castle Custom)

      Jl. Anggur No: 24 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

      Hubungi : Ardy 081347744327, Kitting 085652128757

      Email : rcc_samarinda@yahoo.com

      Rebellion Castle Custom adalah Outlet Low Rider, yang menjual Accesories, Spare Part, T Shirts, Merchandise Band. Menerima pemesanan Full Bike dan berbagai spare part sepeda Low Rider

      ………………………………………………………………………………………………………….

      SUMBER MULIA MOTOR

      Menjual spare part Low Rider dan Onthel antik.

      KO’ ASENG

      HP. : 0812 586 9969

      JLN. JEND. SUDIRMAN NO.37

      (Depan Pasar Pagi)

      TLP. 0541-743306 SAMARINDA

      ………………………………………………………………………………………………………….

      GARAZI KUZTOM

      Menerima pesanan sepeda lowrider, 20″, 24″, cruiser, limousine, firebike, basman dan spesial spareparts lowriders, forkspringers (full twisted), sissybars (twisted), apehanger bar (twisted), dan apapun yang ada digambar profil fb. Kami utamakan HANDMADE kuztom.

      Alamat : Jln. Krangkungan No. 46 A, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

      Hp : Rendy 6281807809554

      Email : garasi.kuztom@gmail.com

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Heroes Custom Cycles

      Jl. veteran 59 Bandung,

      Custom, Sale, service & Coffee
      Contact, 0818642341 – 022 70007456

      ………………………………………………………………………………………………………….

      LUXURIOUS-ROLLERS

      Custom Art Bicycle Est 2006

      “WHEN OTHERS MEANS BUSINESS LUXURIOUS-ROLLERS MEANS ART”

      Jl. Cikaso Barat II No. 89a Bandung 40121. West-Java,Indonesia.
      Contact Person: Office 022-7213633, Indra 081322802088, Joey 085624414193.
      Email & yahoo ID: indra_bluesmann@yahoo.com & joey_slim@yahoo.com

      ………………………………………………………………………………………………………….

      AJI R2 Custom Bike

      JL. RAMBUTAN NO.2 BANDUNG

      Email : ajirambutan@yahoo.com

      Tlp. 022-91111534

      Hp : 08157113394

      ………………………………………………………………………………………………………….

      HELL O SHORTY

      Our Gallery and Workshop are located in Carburator Springs, Jl. R.C Veteran/Route 66 No. 13 (Gg. H. Ropiah) Tanah Kusir.

      Office: Jln. Cempaka Lestari 4/G no: 9, komplek Lebak Lestari, Lebak Bulus, Jakarta, 12440

      Blog : http://www.helloshortybicycle.blogspot.com

      Email : hell_o_shorty@yahoo.co.id

      PHONE : 021-92176588, 021-99000591, 0818409200

      ………………………………………………………………………………………………………….

      IKPN CHAPTER
      Costum Bike

      Jl. Raya IKPN Tanah Kusir No 4, Bintaro, Jakarta Selatan, Indonesia. (Sebelah Kampus Trisakti)

      Aming (0813 164 95 722), Raymond (0856 894 0079)

      Blog : http://ikpn-custombike.blogspot.com

      ………………………………………………………………………………………………………….

      TRIJAYA

      Koh Vicky

      Tlp. 021 766 7118
      JL.Margasatwa 26 A,

      Pasar Pondok Labu
      Jakarta Selatan (deket RS Fatmawati)

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Terima perakitan sepeda lowrider, chopper, basman, limo, bondo, trike, fixgear dll

      Rizky
      021 96808030
      dengan cara kirim gambar/foto ke email ace.budiman@gmail.com
      alamat bengkel : Jl. Raya Ps Inpres dpn GOR bulutangkis dkt kampus Stemik, radio dalam jakarta selatan

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Pirates Low Rider

      Jl. Raya Jati Makmur No. 14, Pondok Gede, Jakarta Timur

      Tlp. 081389062600

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Kalo lo pada mo ngerakit sepeda LR baik yg klasik ato kustom, dateng aje ke toko gw. Konsultasi gratis lagi bro. Lokasi toko gw sbb:

      Toko MAJU
      di Ruko Royal 1, Cipondoh.
      Tangerang.
      Telp: 021-97273777
      0811828157

      ………………………………………………………………………………………………………….

      terima pesanan:

      -frame custom design sendiri
      -bikin velg jari” 72,108,144,288
      -jual part segala jenis sepeda
      -trima ngCAT

      -jg melayani velg motor lowrider jr” 72 max lebar 6 inchi(sgl ukuran velg)

      SOUL & SAY BIKE

      Hub : Brandon / Gondrong
      Alamat:
      Jl. Pulo Ribung 28 Pekayon, Bekasi
      kontak: 021-99897915, 085691422092, 081219281541
      email: sepeda_klasik@yahoo.com
      fs : rider_lowrider@yahoo.com

      ………………………………………………………………………………………………………….

      lowbicycle costume and parts lowrider
      terima pesanan :

      -frame custom design sendiri
      -bikin velg jari” 72,108,144,288
      -jual part segala jenis sepeda
      -trima ngecat

      LOWBICYLE COSTUME

      Alamat :
      Jalan Melati 8, Blok M 7 No. 4
      Villa Nusa Indah, Bekasi

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Tn. Ali Nurdin

      HP : 08883040567

      Tlp. : 08883040567

      Faks. : 0315614340

      Jl.Porong no. 1
      Surabaya 60241, Jawa Timur
      Indonesia

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Achien Kustom Bike Garage

      Lokasi : Surabaya
      Alamat : Krukah Timur no. 1
      Telp : 0818.373.178

      Menerima pemesanan Frame maupun modif Lowrider juga Costum bike sesuai design pribadi

      ………………………………………………………………………………………………………….

      Custome Bike
      Menerima pesanan segala macam Frame dan Pengecatan

      Spesifikasi :
      1. LAS Argon
      2. jual part segala jenis assesoris sepeda
      3. trima Cat segala warna dg harga sama (150rb/frame)
      bisa memilih berbagai jenis bahan
      1. stainlessteel
      2. Alumunium
      3. Besi

      White Hole

      Doni pheyex From sidoarjo
      alamat:
      Bengkel : jl Ketintang Baru VI no 21 E, Surabaya
      office : Jl Raya Sedati Gede 41
      kontak:
      03160220184
      085648144983

      email: Portgasd_fenk@yahoo.com

      ………………………………………………………………………………………………………….

      WHITE WALL

      bisa bantu tmn2 skalian di bidang painting, finishing, n bodywork.

      bawa aja kesini:
      Jl.simpang darmo permai selatan IV/31 Surabaya, Jawa timur, Indonesia.

      atau kontak aja kesini: 085730697711
      atau VIA facebook : dellensfacism@yahoo.com

      ………………………………………………………………………………………………………….

      NGETA BIKE
      hub.mr.ateng madiun

      Ngetabikes menyediakan dan mengerjakan part lowrider custom, restoration n original

      Email : ngetabikes@yahoo.com, ngetalow@yahoo.co.id

      Hp : 085655703040, 081234485457

      Alamat : jl.menur no.7 munggut wunggu, Madiun, JATIM

      ………………………………………………………………………………………………………….

  3. bapak george barris masih hidup enggak ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: