Sepeda Onthel dan Low Rider Mengawal & Melepas Jambore MTB Sekaltim 2009


340 pecinta olahraga Mountain Bike (MTB) atau sepeda gunung dari beberapa kabupaten dan kota se-Kaltim, mengikuti Jambore Sepeda Gunung se-Kaltim dengan tajuk “Bike to Work” yang berlangsung di Samarinda, Minggu (22 Februari 2009) pagi.

Disampaikan oleh ketua panitia pelaksana, Roni, kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan minat olahraga bersepeda bagi masyarakat Kaltim, dengan target peserta sebanyak 300 bikers.

“Tapi ternyata dalam pelaksanaannya, terdaftar hingga 340 bikers yang merupakan gabungan dari sembilan komunitas MTB asal Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Bontang dan Sengata. Turut hadir dua pecinta MTB dari luar Kaltim sebagai bintang tamu, yakni dari Gresik dan Jakarta,” jelas Roni.

Kegiatan kali ini yang difasilitasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Kaltim, mengambil trek lintas di trek PON XVII Kaltim dengan panjang lintasan 26 Km.

“Lintasan ini tidak sepanjang jambore sebelumnya. Dengan persentasi 60 persen aspal dan 40 persen off-road. Tapi tentunya lintasan off-road bisa dilalui,” katanya.

Sebelum Jambore Sepeda Gunung ini dibuka di halaman kantor Dinas PU Kaltim, Jl Tengkawang, Kadis PU Kaltim, Husinsyah menyampaikan bahwa dirinya sangat menyambut gembira dan bangga atas terselenggaranya Jambore Sepeda Gunung se-Kaltim kali ini yang digelar di Samarinda.

“Dengan jambore ini, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi antar sesama bikers. Selain itu juga diharapkan agar bermuunculnya bibit-bibit baru dalam cabang olahraga ini,” ujar Husinsyah yang kemudian melepas ratusan bikers.

Dari pantauan Sapos di lapangan, ratusan bikers yang mengikuti jambore ini sangat antusias menjelajahi alam. Meski melintasi jalan berbatu maupun berlumpur, menaiki tanjakan, menuruni bukit terjal, hingga menerobos belukar ilalang. Namun peserta menilai tantangan itu sangat mengasyikkan.

Mereka merasa tertantang melalui lintasan aspal di Jl Tengkawang – Jl Ulin – Jl Meranti – Jl Slamet Riyadi – Jl Untung Suropati – Jl Jakarta – off-road dengan memasuki lintasan yang tembus ke Kelurahan Loa Buah – off-road menuju Jl Panglima, Air Putih. Pastinya, tak sedikit peserta yang berjatuhan ketika melintasi jalan berlumpur. Ada pula yang terpaksa memperbaiki rantai yang lepas.

Setelah berhasil menembus kawasan off-road hingga ke Kelurahan Air Putih, hujan yang mendadak mengguyur para bikers dan lintasan tidak menurunkan semangat mereka. Bikers pun kemudian ditantang oleh panitia untuk berkompetisi Special State, dimana para bikers berusia 40 tahun ke atas akan mendapat hadiah apabila bisa melalui tanjakan berbatu dan berlumpur sepanjang 1 Km pada kawasan hutan di Jl P Suryanata tanpa terjatuh.

Kemudian para peserta keluar dari Jl Graha Indah dan kembali melintasi jalan aspal

menyusuri Jl P Suryanata – Jl Antasari dan Jl Cendana yang kemudian kembali ke titik finish di halaman Dinas PU Kaltim.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, para peserta mengaku sangat menyukai rute yang telah ditempuh.

“Memang tanjakan terakhir adalah yang sedikit susah, tapi karena hobi sejak tahun 1994 dan sudah biasa menghadapi trek semacam ini setiap minggunya dengan jarak 40 Km, saya menyukainya,” tutur Ciptadi, pria berusia 55 tahun salah seorang peserta dari PKT Bontang.

Acara Jambore Sepeda Gunung se-Kaltim diakhiri dengan pencabutan undian doorprize beberapa buah sepeda gunung dan hadiah hiburan lainnya.

Dalam acara ini turut dimeriahkan oleh puluhan pecinta sepeda tempo dulu (Bubuhan Onthel Mahakam dan Onthel 99 Club dari Sanga-sanga) yang pula menyesuaikan dengan pakaiannya. Dan ada juga komunitas sepeda modifikasi (Samarinda Low Rider Community) hadir di acara ini. Sepeda Antik dan sepeda unik ini bertugas mengawal keberangkatan peserta Jambore dari tempat start dan melepasnya di Karang Asam dekat Jembatan Mahakam. “Ya… Selamat jalan teman-teman MTB semoga berhasil sampai finish”. Acara berikutnya teman-teman Onthel dan Low rider punya acara sendiri. Onthel jalan-jalan ke Samarinda Seberang dan teman-teman Low Rider nonton BMX freestyle contest di PKK Skate Park.

mtb-1Sebelum start, masih sempat foto dengan Mad Karno

mtb-2Sepeda Onthel di baris terdepan

mtb-3Bagas dan Deden adalah bertugas sebagai Patroli Pengawal Sepeda Onthel. Sepeda onthelnya dikorbankan sebagai sepeda patroli dengan mengecat bodi sepeda dengan warna putih dan ditambahkan plat bertuliskan Patroli.

mtb-4Kita kawal sampai Karang Asam, jembatan Mahakam

mtb-5Melewati Samping Islamic Center

mtb-6Sugeng, koordinator Samarinda Low Rider Community. Low Rider di baris ke dua.

mtb-7

mtb-8

mtb-9Baris ke tiganya peserta Jambore MTB se kaltim

mtb-101

mtb-11 Navi yang pake sepeda cruiser 20″, “mana sepedamu ?, kok pake sepeda adek kamu si IIT ?, Kemana aja kamu kok enggak pernah nongol ?

mtb-12 Jumadi yg paling depan. Siap lagi meramaikan low rideran di Samarinda. Dia udah berhenti kerja di Bontang, Kenapa bos ?, Apa karena enggak bisa jauh dari yayang ?, pacaran terus !!!.

mtb-13

mtb-14Mad Karno, paling terdepan mengawal

mtb-15Abis acara pelepasan Jambore sekaltim 2009 ini, Mad Karno mau berkunjung ke Samarinda Seberang, melihat kota lama.

mtb-16Selamat jalan saudara-saudaraku semoga selamat sampai tujuan dan menjadi yang terbaik. Banyak hadiah menanti di garis finish.

mtb-17mtb-18Nanti kalo udah tua dan enggak kuat lagi main di trek sepeda MTB, coba pake sepeda onthel lebih nyantai dan tidak penuh resiko.

Kawan-kawan Samarinda Low Rider Community berkesempatan foto bareng dengan Ketua DPW PKS Kaltim Bpk. H. Hadi Mulyadi.

Bpk. H. Hadi Mulyadi tidak meneruskan ikut Jambore MTB, jadi kita ajakin untuk foto bareng bersama anak-anak low rider. Lumayan bisa foto bareng dengan orang penting Samarinda.

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: